Selasa, 09 Juli 2019

Cara alami untuk membersihkan paru-paru Anda



 Teknik pembersihan paru-paru mungkin bermanfaat bagi orang yang merokok, orang yang sering terpapar polusi udara, dan mereka yang memiliki kondisi kronis yang memengaruhi sistem pernapasan, seperti asma, penyakit paru obstruktif kronis, dan fibrosis kistik.
Menghirup polusi udara, asap rokok, dan racun lainnya dapat merusak paru-paru dan bahkan menyebabkan kondisi kesehatan. Menjaga kesehatan paru-paru sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.
Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), paparan polusi udara menghasilkan 4,2 juta kematian di seluruh dunia setiap tahun. Merokok adalah penyebab kematian bagi satu dari setiap lima orang di Amerika Serikat.
Pada artikel ini, kita membahas beberapa metode yang dapat digunakan orang untuk mencoba membersihkan paru-paru mereka.


Apakah mungkin untuk membersihkan paru-paru Anda?
Kesehatan paru-paru sangat penting untuk kesehatan keseluruhan seseorang. Paru-paru adalah organ pembersih diri yang akan mulai sembuh sendiri setelah paparan polutan berhenti, misalnya, ketika seseorang berhenti merokok.
Setelah paru-paru terpapar polusi, seperti asap rokok, dada seseorang mungkin terasa penuh, sesak, atau meradang. Lendir berkumpul di paru-paru untuk menangkap mikroba dan patogen, yang berkontribusi terhadap perasaan berat ini.
Orang-orang mungkin dapat menggunakan teknik-teknik khusus untuk membantu membersihkan paru-paru lendir dan iritasi untuk meredakan hidung tersumbat dan gejala tidak nyaman lainnya.
Beberapa metode ini juga dapat membuka saluran udara, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan mengurangi peradangan , yang dapat membantu mengurangi efek polusi dan asap di paru-paru.

Cara membersihkan paru-paru
Di bawah ini, kita melihat latihan pernapasan dan perubahan gaya hidup yang dapat membantu menghilangkan lendir berlebih dari paru-paru dan meningkatkan pernapasan.

1. Terapi uap
Terapi uap, atau inhalasi uap, melibatkan menghirup uap air untuk membuka saluran udara dan membantu paru-paru mengeringkan lendir.
Orang dengan kondisi paru-paru mungkin melihat gejala mereka memburuk di udara dingin atau kering. Iklim ini dapat mengeringkan selaput lendir di saluran udara dan membatasi aliran darah.
Sebaliknya, uap menambah kehangatan dan kelembaban ke udara, yang dapat meningkatkan pernapasan dan membantu melonggarkan lendir di dalam saluran udara dan paru-paru. Menghirup uap air dapat memberikan bantuan langsung dan membantu orang bernapas lebih mudah.
Sebuah studi kecil yang melibatkan 16 pria dengan penyakit paru obstruktif kronik (COPD), suatu kondisi paru-paru yang membuatnya lebih sulit untuk bernafas, menemukan bahwa terapi masker uap menyebabkan detak jantung dan tingkat pernapasan secara signifikan lebih rendah daripada terapi masker tanpa uap.
Namun, para peserta tidak melaporkan peningkatan yang berkelanjutan dalam fungsi pernapasan mereka.
Terapi ini mungkin merupakan solusi sementara yang efektif, tetapi para peneliti perlu melakukan lebih banyak penelitian sebelum mereka sepenuhnya memahami manfaat terapi uap pada kesehatan paru-paru.

2. Batuk terkontrol
Batuk adalah cara tubuh mengeluarkan racun yang terperangkap dalam lendir. Batuk yang terkendali mengendurkan lendir yang berlebih di paru-paru, mengirimkannya melalui saluran udara.
Dokter merekomendasikan agar penderita COPD melakukan latihan ini untuk membantu membersihkan paru-paru mereka.
Orang-orang dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membersihkan paru-paru mereka yang berlendir:
duduk di kursi dengan bahu santai, menjaga kedua kaki tetap rata di lantai
lipat lengan di atas perut
perlahan-lahan tarik napas melalui hidung
Perlahan-lahan buang napas sambil mencondongkan tubuh ke depan, mendorong lengan ke perut
batuk 2 atau 3 kali saat menghembuskan napas, menjaga mulut sedikit terbuka
perlahan-lahan tarik napas melalui hidung
istirahat dan ulangi seperlunya

3. Kuras lendir dari paru-paru
Drainase postural melibatkan berbaring di posisi yang berbeda untuk menggunakan gravitasi untuk mengeluarkan lendir dari paru-paru. Latihan ini dapat meningkatkan pernapasan dan membantu mengobati atau mencegah infeksi paru-paru.
Teknik drainase postural berbeda tergantung pada posisi:

1. Di punggung Anda
Berbaringlah di lantai atau tempat tidur.
Tempatkan bantal di bawah pinggul untuk memastikan bahwa dada lebih rendah dari pinggul.
Perlahan-lahan tarik napas melalui hidung dan buang napas melalui mulut. Setiap napas harus memakan waktu dua kali lebih lama daripada yang dihirup, yang disebut pernapasan 1: 2.
Lanjutkan selama beberapa menit.




2. Di sisi Anda
Berbaringlah di satu sisi, sandarkan kepala di lengan atau bantal.
Tempatkan bantal di bawah pinggul.
Lakukan pola pernapasan 1: 2.
Lanjutkan selama beberapa menit.
Ulangi di sisi lain.

3. Di perut Anda
Tempatkan tumpukan bantal di lantai.
Berbaringlah dengan perut di atas bantal. Ingatlah untuk menjaga pinggul tetap di atas dada.
Lipat lengan di bawah kepala untuk penyangga.
Lakukan pola pernapasan 1: 2.
Lanjutkan selama beberapa menit.

4. Berolahraga
Olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental orang , dan itu mengurangi risiko banyak kondisi kesehatan, termasuk stroke dan penyakit jantung .
Latihan memaksa otot untuk bekerja lebih keras, yang meningkatkan laju pernapasan tubuh, menghasilkan pasokan oksigen yang lebih besar ke otot. Ini juga meningkatkan sirkulasi, membuat tubuh lebih efisien dalam menghilangkan kelebihan karbon dioksida yang dihasilkan tubuh saat berolahraga.
Tubuh akan mulai beradaptasi untuk memenuhi tuntutan olahraga teratur. Otot-otot akan belajar menggunakan oksigen lebih efisien dan menghasilkan lebih sedikit karbon dioksida.
Meskipun berolahraga mungkin lebih sulit bagi orang-orang dengan kondisi paru-paru kronis, orang-orang ini juga dapat memperoleh manfaat dari olahraga teratur. Orang yang menderita COPD, cystic fibrosis , atau asma harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum memulai regimen olahraga baru.

5. Teh hijau
Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Senyawa ini bahkan dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya dari penghirupan asap.
Sebuah studi baru - baru ini yang melibatkan lebih dari 1.000 orang dewasa di Korea melaporkan bahwa orang yang minum setidaknya 2 cangkir teh hijau per hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada mereka yang tidak minum.

6. Makanan anti-inflamasi
Peradangan pada saluran udara dapat membuat sulit bernafas dan menyebabkan dada terasa berat dan sesak. Makan makanan anti-inflamasi dapat mengurangi peradangan untuk meredakan gejala-gejala ini.
Makanan yang membantu melawan peradangan termasuk:
Kunyit
sayuran hijau
ceri
bluberi
Zaitun
kacang kenari
kacang polong
kacang-kacangan
Pelajari lebih lanjut tentang diet anti-inflamasi di sini.

7. Perkusi dada
Perkusi adalah cara lain yang efektif untuk menghilangkan kelebihan lendir dari paru-paru. Seorang profesional kesehatan atau terapis pernapasan akan menggunakan tangan yang ditangkupkan untuk secara irama mengetuk dinding dada untuk mengeluarkan lendir yang terperangkap di paru-paru.
Menggabungkan perkusi dada dan drainase postural dapat membantu membersihkan saluran udara berlendir berlebih.


Pandangan
Racun dari asap rokok atau polusi udara yang masuk ke paru-paru dapat memengaruhi seluruh tubuh. Racun ini akhirnya terperangkap di dalam lendir.
Kesehatan pernapasan yang baik tergantung pada apakah tubuh mengeluarkan lendir dari paru-paru dan saluran udara secara efektif atau tidak.
Orang yang memiliki paru-paru yang rusak mungkin memiliki waktu yang lebih sulit daripada yang lain membersihkan lendir dari sistem mereka. Kondisi kronis, seperti COPD, asma, dan fibrosis kistik, menyebabkan produksi lendir yang berlebihan atau lendir yang luar biasa tebal yang dapat menyumbat paru-paru.
Teknik pembersihan paru-paru, termasuk drainase postural, perkusi dada, dan latihan pernapasan, dapat membantu mengeluarkan lendir dari paru-paru dan saluran udara. Terapi uap dapat menawarkan bantuan sementara untuk orang yang menderita kemacetan atau kondisi pernapasan kronis.
Berolahraga secara teratur, minum teh hijau, dan makan makanan antiinflamasi adalah perubahan gaya hidup yang dapat meningkatkan kesehatan paru-paru dan mengurangi risiko kondisi kesehatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar